Connect with us

DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Paripurna Pengesahan APBD 2019

38 views

JATIM

DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Paripurna Pengesahan APBD 2019

BLITAR, JATIM, BN – DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna bersama eksekutif untuk membahas pengesahan APBD 2019. Dalam rapat yang di gelar pada senin [26/11] tersebut disetujui bahwa APBD 2019 kabupaten Blitar tercatat Rp. 2,3 Triliun.

Dalam paripurna yang dihadiri eksekutif seperti bupati Blitar, Wakil Bupati Blitar, Sekretaris Daerah, Dandim, Kapolres Blitar dan para kepala Dinas ada beberapa agenda yang digelar diantaranya rancangan peraturan daerah (RANPERDA) menjadi peraturan daerah (PERDA) antara lain : Pengelolaan barang milik daerah yang dibahas Komisi 1, ada juga PERDA tentang jalan yang dibahas Komisi III, pencabutan 5 PERDA Kabupaten Blitar yang dibahas Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bamperperda), selain itu penyelenggaraan ketahanan pangan yang dibahas Komisi II, dan sistim kesehatan yang dibahas oleh Komisi 4.

Selain penetapan lima perda pada rapat paripurna juga digelar beberapa agenda. Diantaranya persetujuan dua ranperda yakni Ranperda APBD 2019 dan Ranperda Retribusi Perijinan tertentu serta perubahan alat kelengkapan dewan (AKD).

Suwito Saren Satoto Ketua DPRD Kabupaten Blitar Menyatakan dua Ranperda yang disetujui dan ditetapkan itu selanjutnya akan dikirim ke gubernur untuk dievaluasi. Dengan demikian Rancangan APBD 2019 sudah disetujui dan selanjutnta disjukan ke Gubernur Jawa Timur.”Jikatak ada evaluasi dari Gubernur maka APBD 2019 bisa langsung disahkan. Jika ada evaluasi maka diperbaiki terlebih Dahulu, baru disahkan” jelas Suwito.

Sementara itu Bupati Blitar Drs. H. Rijanto MM mengatakan secara garis besar ad kenaikan pada APBD 2019 ada keneikann jika dibandungkan dengan APBD tahun ini “Yang jelas ada kenaikan di banding tahun ini, APBD 2019 ada sekitar 2,3 triliun,” ungkap bupati.

Menurutnya rancana sebagian besar APBD 2019 akan diucurkan melalui beberapa program diantaranya adalah pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan beberapa kegiatan lainnya. Hanya saja ada beberapa skala prioritas pembangunan yang menggunakan anggaran dari APBD 2019 yakni penataan Kota Kanigooro. “ Untuk infrastruktur penggunaan APBD 2019 diprioritaskan pada pembangunan penataan kota Kanigoro,” jelas bupati. (sastso)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

Advertisement




Trending

Advertisement Free counters!
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
%d blogger menyukai ini: