JATENG

Pemkab Klaten Siapkan Rp. 13 Miliar untuk Pilkades Serempak

KLATEN, JATENG, BN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menyiapkan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serempak pada 13 Maret 2019. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten Jaka Purwanto mengatakan, Pilkades Gelombang II akan berlangsung di 270 desa yang tersebar di 26 kecamatan se-Kabupaten Klaten.

“Setiap desa menerima anggaran yang berbeda-beda disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Setiap desa menerima anggaran minimal Rp40 juta dan maksimal Rp80 juta,” kata Jaka Purwanto di sela kegiatan Santiaji Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang II di Pendopo Pemkab, Selasa (15/1).

Menurutnya, selain mengandalkan anggaran APBD, anggaran Pilkades juga akan memanfaatkan APBDes di tiap desa. Dana tersebut akan segera masuk ke desa dengan catatan telah menyerahkan penetapan APBDes 2019.

“Sekarang sudah ada 25 persen desa yang mengajukan. Kita masih menunggu desa lainnya agar segera menyerahkan penetapan APBDes dan perencanaan penggunaannya. Kemudian kita akan proses agar segera cair,” katanya.

Informasi yang dihimpun BN, tahapan penjaringan bakal calon kepala desa berlangsung selama 5 hari yakni pada Kamis (17/01) hingga Selasa (22/1). Hasil dari penyaringan akan diumumkan pada 23-25 Januari 2019. Setelah itu sehari kemudian akan dilakukan penyaringan bakal calon.

Minimal tiap desa ada 2 calon kepala desa dan maksimal 5 calon. Jika baru 1 calon maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran selama 20 hari.

Bila lebih dari 5 calon maka penilaian berdasarkan 3 variable yang telah ditetapkan, mulai dari pengalaman di lembaga pemerintahan, pendidikan hingga usia. (rkt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button