Connect with us

Angkat Potensi Ikan Nila di Klaten melalui Lomba Masak Bareng Bupati

JATENG

Angkat Potensi Ikan Nila di Klaten melalui Lomba Masak Bareng Bupati

KLATEN, JATENG, BN – Rangkaian peringatan Hari Kartini ke-140 tingkat Kabupaten Klaten diisi dengan kegiatan lomba cipta menu Beragam, Bergizi dan Aman (B2SA). Mengusung tajuk “Masak Bareng Bupati”, kegiatan digelar di Gedung Wanita Klaten, Senin (8/4).

Bupati Sri Mulyani turut unjuk kebolehan dalam mengolah masakan dari bahan dasar ikan nila. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Klaten tersebut mengolah ikan nila menjadi lumpia ikan nila dan ikan nila goreng telur asin.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada tim penggerak PKK Kabupaten Klaten yang telah memberikan pengabdian. Selalu semangat dan guyub meraih prestasi untuk bekerjasama menyukseskan Kabupaten Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“Ibu-ibu PKK agar terus melakukan kreasi dalam mengolah makanan dari bahan ikan. Dengan cara itu diharapkan anak-anak dapat cinta dan gemar makan ikan agar mereka menjadi anak yang cerdas,” kata Bupati Sri Mulyani.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten Widiyanti mengatakan, penggunaan bahan dasar ikan dalam lomba masak ini merupakan salah satu upaya peningkatan konsumsi ikan yang ada di Klaten.

Menurutnya, Kabupaten Klaten memiliki luas lahan sebesar 40 hektare untuk potensi ikan. Total produksi ikan di Klaten mencapai 28 ribu ton pertahun dan sekitar 14 ribu ton diantaranya merupakan ikan nila merah jenis larasati.

“Nila merah jenis larasati berasal dari kawasan minapolitan yang ada di daerah Karanganom, Tulung dan Polanharjo. Ikan jenis ini memiliki keunggulan yaitu padat tebar, cita rasa yang enak dan tekstur tidak mudah hancur. Sekali tebar, nila jenis larasati mampu mencapai 200 hingga 300 ekor per meter sementara jenis lain hanya 70 ekor per meter. Pada tahun 2019 ini DPKPP akan fokus pada pengembangan ikan nila merah di kawasan minapolitan II yang berada di Kecamatan Klaten Selatan, Ngawen dan Kebonarum, ” jelas Widiyanti. (rkt).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: