Connect with us

Cukup Satu Jari, Layanan di Pengadilan Negeri Klaten Kini Jadi Lebih Mudah

90 views

JATENG

Cukup Satu Jari, Layanan di Pengadilan Negeri Klaten Kini Jadi Lebih Mudah

Ketua PN Klaten Menunjukkan Aplikasi Yang Diluncurkan

KLATEN, JATENG, BN-Pengadilan Negeri (PN) Klaten Kelas IA terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui peluncuran program aplikasi Asisten Virtual PTSP.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa memperoleh informasi dan layanan yang mudah, cepat, responsive dan gratis.

Cukup kirim pesan singkat whatsapp di nomor 0859-5959-7996 maka masyarakat akan mendapatkan seluruh informasi terkait layanan di Pengadilan Negeri Klaten.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada saat Soft Launching Asisten Virtual PTSP di Gedung PN Klaten, Jumat (5/7) pagi.

“Asisten Virtual PTSP merupakan aplikasi digital berbasis elektronik dengan menggunakan platform media sosial bernama whatsapp. Program ini merupakan inovasi pelayanan publik dari Pengadilan Negeri Klaten kepada masyarakat,” kata Albertus Usada.

Menurutnya, Asisten Virtual PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) secara global merupakan perpaduan peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang merupakan salah satu ciri peradilan modern.

“Masyarakat cukup mengirim pesan melalui whatsapp maka segala permintaan informasi akan dibalas secara otomatis. Meski bisa dibilang sederhana namun diharapkan layanan ini mampu untuk menjawab segala kebutuhan informasi dan layanan yang diharapkan oleh masyarakat,” katanya.

Albertus Usada menambahkan, melalui aplikasi ini masyarakat pengguna bisa mendapatkan informasi seperti jadwal sidang, status perkara terakhir dan permintaan untuk memperoleh surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana yang dahulu bahasanya adalah tidak pernah dihukum.

“Aplikasi digital Asisten Virtual PTSP merupakan visi saya sebagai Ketua Pengadilan Negeri Klaten. Ide gagasan original ini kemudian dibahas dalam berbagai rapat dan mampu ditangkap oleh tim TU-TIK yang merupakan singkatan dari tim unit teknologi informasi dan komunikasi,” katanya.

Menurut Albertus Usada, Tim TU-TIK merupakan tim kerja yang mampu membangun semangat kebersamaan soliditas bagaimana mengembangkan pelayanan publik berbasis digital elektronik.

“Asisten Virtual PTSP merupakan salah satu bentuk layanan dan terobosan global dari Pengadilan Negeri Klaten dalam menjawab tantangan jaman untuk mencegah praktek koruptif dan kolutif.” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim TU-TIK Pengadilan Negeri Klaten Puji Wiyono mengatakan, penamaan Albert dalam aplikasi Asisten Virtual PTSP berasal dari nama depan Ketua PN Klaten Albertus Usada sebagai penggagas ide penyediaan layanan publik berbasis tekonologi informasi.

Menurut Puji, meski inovasi Asisten Virtual PTSP masih dalam versi Beta namun aplikasi ini bisa belajar sendiri dengan maksud apabila ada layanan yang tidak bisa dijawab dia (Albert) akan meneruskan pertanyaan ke administrator. Selanjutnya pertanyaan tersebut akan ditindaklanjuti untuk kemudian dijawab sesuai dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Masyarakat dapat mengakses layanan melalui fasilitas whatsapp di nomor 0859 5959 7996 nonstop 24 jam selama 7 hari dalam 1 minggu. Masyarakat juga bisa mengunjungi website kami di https://asistenvirtual.pn-klaten.go.id dan melalui Channel Youtube Pengadilan Negeri Klaten https//youtu.be/q16HRF1vsq8 atau dengan search di Youtube Asisten Virtual PTSP Pengadilan Negeri Klaten,” kata Puji Wiyono. (rkt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

Advertisement




Trending

Advertisement Free counters!
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
%d blogger menyukai ini: