NTT

Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemi, Polres Belu dan Subden POM Amankan 18 Sepeda Motor

ATAMBUA, NTT, BN – Kepolisian Resor Belu bersama anggota Subden POM IX/Udayana Belu, menggelar patroli gabungan di seputaran kota Atambua, sabtu (20/3/2021).

Sebelum patroli gabungan dimulai, anggota Polri bersama Subden POM menggelar apel malam di lapangan Mapolres, yang dipimpin Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, dan dihadiri Wakapolres Belu,KOMPOL Fajar Virgantara Syarifuddin, S.I.K, Kasat Samapta, Kasubbag Bin Ops, KBO Lantas, KBO Samapta, serta KBO Reskrim.

Dalam apel gabungan tersebut, Kabag Ops mengingatkan anggota patroli gabungan, untuk bersikap humanis dan menjauhi kekerasan bilamana menemukan aksi balap liar maupun tindakan melawan hukum lainnya.

Usai apel, anggota dipimpin Waka Polres Belu dan di dampingi Kabag Ops, langsung bergerak melaksanakan patroli dengan menyisir wilayah pasar lama dan pasar baru, yang nota bene sering menjadi tempat aksi balap liar.

Saat anggota kepolisian dan Subden POM tiba di ruas jalan sudirman pasar lama Atambua, puluhan pemuda yang tengah bersiap melakukan aksi balap liar, spontan lari meninggalkan lokasi.

Bahkan sejumlah pemuda lari tunggang langgang meninggalkan sepeda motornya karena panik melihat kehadiran aparat.

Hinggal pukul 02.30 wita minggu (21/3/2021) dini hari, sebanyak 18 unit sepeda motor berhasil diamankan dalam operasi gabungan kepolisian dan Subden Pom Atambua.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si melalui Kabag Ops, AKP Nengah menuturkan, langkah penertiban tersebut berangkat dari informasi warga masyarakat yang resah dengan aksi balap liar.

Selain itu juga, aksi balap liar tersebut menurutnya sangat mengganggu pengguna jalan lainnya dan nantinya bisa berakibat fatal terhadap para pelaku ini.

“Jadi tadi Kita bagi 3 tim, anggota yang preman bergerak duluan memantau situasi dan 2 tim yang berseragan standby di kantor. Setelah mendapat info dilapangan, Kita langsung bergerak ke pasar lama dan pasar baru. Sampai di pasar lama, ada puluhan motor berjejer panjang di jalan raya. Sebagian kabur dengan motornya dan sebagiannya tinggalkan motor yang sekarang sudah Kita amankan di Polres” kata Kabag Ops.

“Dan penertiban ini berangkat dari aduan warga yang katanya sekelompok pemuda rajin menggeber motornya yang membuat resah masyarakat dan pengguna jalan lebih-lebih pada malam minggu sehingga Kita gelar patroli gabungan seperti sekarang ini,” kata Kabag Ops.

Selain menciptakan situasi yang aman dan nyaman, tindakan (membubarkan) tersebut kata Kabag Ops adalah salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

“Saat ini Kita dihadapkan dengan virus corona yang penularannya sangat cepat bila masyarakat sering berkumpul di luar. Sehingga Kami (kepolisian) terus turun ke jalan, ke rumah-rumah mengimbau masyarakat agar patuh dengan imbauan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehaatan 5 M,”kata Kabag Ops.

“Dan sesuai dengan arahan Kapolri, Kita akan rutin melaksanakan patroli dan akan melakukan tindakan tegas dan humanis dengan membubarkan, bilamana masyarakat tidak mengindahkan imbauan tersebut karena ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat guna memutus mata rantai virus corona,” tandas Kabag Ops. (humas polres belu/anis ikun).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button