KALTENGMURUNG RAYA

DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin Dukung Optimalisasi BUMDes Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin

MURUNG RAYA, bidiknasional.com – Salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni melalui optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sebab keberadaan Bumdes dapat mendongkrak segala potensi warga perdesaan, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Maka oleh karena itu, Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin meminta agar masyarakat dapat berperan aktif dalam berwirausaha dan mengaktivasi Bumdes. Sebab Bumdes yang notabene diberikan operasional dari anggaran desa, diharapkan dapat menjadi salah satu unit usaha desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Salah satu hal yang mungkin bisa dimanfaatkan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desanya ada melalui pengoptimalan Bumdes yang menyesuaikan potensi yang dimiliki pada desa itu sendiri,” terangnya, Kamis 2 Desember 2021.

Misalkan, salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan UMKM yang sudah ada, atau dengan menjadi suplier dari hasil sumber daya yang di miliki masyarakat. Bumdes tidak perlu lagi memikirkan membuat unit usaha baru, jika didaerahnya terdapat UMKM yang sudah berjalan atau memiliki potensi pertanian, peternakan dan perikanan.

Menurutnya, Bumdes dapat mengkooptasi dan bekerjasama dengan potensi yang ada di masing-masing desa. Sehingga dapat membantu mengembangkan dari sisi quality control ataupun menambah quantity.

“Banyak dampak positif yang dapat dirasakan apabila benar-benar dijalankan, pertama dari segi pengembangan SDM, yaitu dengan memanfaatkan tenaga-tenaga dari masyarakat desa sekitar. Lalu dari segi pendapatan desa juga dapat, sehingga dapat digunakan untuk menunjang program yang ada di desa setempat,” tambahnya lagi.

Terakhir, Rahmanto beranggapan, dengan pemanfaat kerja sama Bumdes dan potensi yang dimiliki masyarakat setempat, secara tidak langsung akan terjadi pengembangan usaha dan melakukan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (Efendi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button