GRESIKJATIM

BPJS Kesehatan Gandeng SEKOPER dan BPJS Watch Wujudkan JKN Berkesinambungan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tutus Novita Dewi

GRESIK, BIDIKNASIONAL.com – Dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan kolaborasi dengan stakeholder terkait. Tidak terkecuali dengan organisasi masyarakat dan organisasi serikat pekerja.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tutus Novita Dewi dalam hal ini mengajak organisasi Sekolah Perempuan (SEKOPER) dan organisasi BPJS Watch untuk menjadi penyambung informasi JKN kepada masyarakat.

“Kami BPJS Kesehatan tidak akan bisa berjalan sendiri tentunya tanpa dukungan dari SEKOPER dan juga BPJS Watch. Sebagai organisasi yang terpandang di masyarakat, kami yakin dengan adanya kolaborasi ini semakin banyak masyarakat yang paham tentang program JKN,” papar Tutus (Rabu,08/06)

Lebih lanjut, Tutus menjelaskan bahwa organisasi SEKOPER merupakan organisasi yang menaungi sekumpulan perempuan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas hidup sehingga mereka mampu memberdayakan diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Sedangkan BPJS Watch merupakan organisasi yang dibentuk untuk memantau pelaksanaan program JKN sesuai amanat Undang-Undang.

“Dengan peranan SEKOPER, harapannya semakin banyak perempuan yang terlindungi program JKN. Disamping itu, dengan peranan BPJS Watch juga diharapkan semakin banyak masyarakat khususnya pemberi kerja yang memahami pentingnya manfaat JKN bagi seluruh pekerjanya,” ucapnya.

Tutus menambahkan, bahwa sampai saat ini peserta BPJS Kesehatan berjumlah lebih dari 241 juta jiwa. Sedangkan untuk Kabupaten Gresik, sebanyak 1.093.250 jiwa yang telah terdaftar sebagai peserta JKN.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Gresik sudah mencapai 84,75% masyarakat terdaftar aktif sebagai peserta JKN. Pencapaian tersebut pastinya ada peran dari stakeholder terkait tidak terkecuali SEKOPER dan BPJS Watch ini. Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan semangat mereka untuk turut ikut membantu terselenggaranya program yang menjadi amanat Pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Apresiasi yang sama diberikan oleh Pimpinan BPJS Watch Kabupaten Gresik, Imam Akbar. Bagi Imam, upaya BPJS Kesehatan untuk terus menggandeng timnya merupakan upaya yang tepat mengingat sesuai dengan tugas dari BPJS Watch sendiri yakni memastikan manfaat program JKN dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya yang telah dilakukan BPJS Kesehatan khususnya BPJS Kesehatan Cabang Gresik untuk terus melibatkan kami menyebarluaskan informasi JKN di tengah masyarakat. Selain itu, kami juga bangga atas inovasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan demi pembenahan layanan terutama di fasilitas kesehatan. Kami berharap hubungan ini terus berlangsung demi terwujudnya jaminan kesehatan masyarakat yang baik sebagai tujuan bersama,” katanya.

Sementara itu, Koordinator SEKOPER, Ifani juga mengungkapkan rasa syukur atas adanya ajakan dari BPJS Kesehatan untuk berkolaborasi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum perempuan. Menurut Ifani, dengan kolaborasi ini semakin banyak anggotanya yang dapat merasakan manfaat program JKN.

“Kami sangat mendukung adanya program JKN ini, karena bagi kami, JKN menjadi penolong di saat sakit. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini biaya berobat tidak sedikit jumlahnya. Banyak anggota kami yang sudah merasakan manfaat JKN ini. Oleh karnanya, kami terus menggencarkan informasi program JKN ini agar semakin banyak yang tertolong program JKN yang sangat besar manfaatnya,” tutup Ifani.

Laporan: rn/qa/boody

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button