JATENG

PESTA SIAGA TINGKAT BINWIL PATI SUKSES DIGELAR DI BLORA

BLORA, JATENG, BN – Pelaksanaan Pesta Siaga atau pertemuan Pramuka golongan Siaga tingkat Binaan Wilayah (Binwil) Pati hari ini, Rabu (28/3/2018) berjalan lancar dan sukses di Kabupaten Blora.

Bertempat di Alun-alun Blora, Pesta Siaga yang diisi dengan beragam lomba, permainan dan kegiatan edukasi itu dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho seba-gai Kamabicab bersama istri Kamabicab Bunda Dra. Hj. Umi Kulsum.

Saat pembukaan di depan perwakilan kontingen Pramuka Siaga dari Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan tuan rumah Blora, Bunda Dra. Hj. Umi Kulsum menyatakan rasa bangganya kepada semua peserta Pesta Siaga yang hadir di Alun-alun Blora.

Ia juga memberikan semangat agar seluruh peserta bisa menampilkan seluruh kemam-puan yang telah disiapkan untuk meraih nilai terbaik.

“Kami percaya bahwa anak-anak semua adalah anak terpilih dan terbaik dari masing-masing Kabupaten. Maka dalam acara ini tampilkanlah kekompakan, kecerdasan dan kekayaan pengetahuan kalian untuk menjadi yang lebih terbaik dari yang sudah baik,” ujar Umi Kulsum.

Bupati Blora, Djoko Nugroho juga merasa senang dan bangga karena Blora kali ini menjadi tuan rumah Pesta Siaga untuk anak-anak generasi penerus yang memiliki potensi besar.

Ia berharap melalui kegiatan Pesta Siaga ini bisa melahirkan bibit-bibit generasi muda yang berani, pintar, dan mandiri.

“Selamat datang anak-anak ku di Kabupaten Blora. Selamat berlomba dan tunjukkan seluruh kemampuan kalian. Pesta siaga ini adalah ajang yang bagus untuk mengasah keberanian, kekompakan, pengetahuan dan kerjasamanya,” tegasnya.

Tidak hanya Pesta Siaga saja, Bupati juga ingin tahun depan Jambore Pramuka tingkat Jawa Tengah bisa dilaksanakan di Kabupa-ten Blora. Dirinya meminta Kwarda Jawa Tengah bisa memilih Blora sebagai tuan rumah, serta meminta Kwarcab Blora untuk mulai bersiap diri.

Pembukaan dimeriahkan dengan penam-pilan Tari Gambyong, Tari Bujangganong Kolosal dari Kwarran Tunjungan, serta pertunjukkan Marchingband dari SD Kartini Blora.

Usai pembukaan, selama satu hari seluruh barung mempertunjukkan kemampuannya dengan percaya diri, kompak dan semangat, di masing-masing pos atau taman penilaian.

Tim juri langsung melakukan penilaian di pos yang didirikan, seperti pos pengetahuan umum, pos yel-yel, pos seni budaya, pos ketangkasan, pos keimanan dan ketaqwaan dan lainnya. Setelah semua nilai direkap, diperoleh masing-masing 3 regu barung tergiat putra dan putri.


Dimana tergiat pertama hingga ketiga baik putra maupun putri nantinya akan mewakili Binwil Pati di Pesta Siaga tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan bulan 28-29 April di Kota Semarang.

Hasil tergiat diumumkan usai Upacara Penutupan dengan pembina Bunda Ir. Wahyu Agustini M.Si, Waka Abdimas Humas Kwarcab Blora.

Handika Rahman, selaku salah satu panitia dari Kwarcab Blora menyampaikan bahwa total peserta Pesta Siaga tingkat Binwil Pati di Kabupaten Blora kali ini ada 30 barung yang berasal dari 5 Kabupaten se eks Karesidenan Pati.

“Masing-masing Kabupaten mengirimkan 6 barung terbaik dari wilayahnya, 3 barung putra dan 3 barung putri. Sehingga total ada 30 barung dari 5 kabupaten,” ujarnya. (M.Jo/ali)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button