Press "Enter" to skip to content

KIRAB RUWAT BUMI DESA CIKENDUNG PULOSARI

PEMALANG, JATENG, BN – Ruwat Bumi dalam rangka peringati bulan suro yang di selenggarakan Desa Cikendung, (Rabu, 12/9), marak meriah disambut warga yang antusias berbaur dalam kegembiraan. Berbagai macam hasil panen bumi yang diusung dalam tumpeng raksasa habis diserbu oleh masyarakat yang berebut berharap mendapat keberkahan setelahnya.

Kepala Desa Cikendung, Slamet, menyampaikan kepada BN, ritual ruwat bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Cikendung adalah sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki, dengan hasil panen pertanian yang dipetik masyarakat, baik tanaman padi ataupun sayur-mayur dan buah, hasil panen warga cukup memuaskan, sebagai bentuk wujud rasa syukur warga, maka kami setiap tahunnya di bulan suro mengadakan sedekah bumi, atau ruwatan, untuk membersihkan jiwa raga kami dari segala sifat kotor, papar Kades Cikendung, Slamet.

Slamet berharap, semoga dengan ruwatan bumi ini, masyarakat Desa Cikendung lebih baik lagi rezekinya, lebih baik lagi hasil penennya untuk berikutnya, dengan demikian ekonomi masyarakat bisa meningkat, bisa tercipta masyarakat yang sejahtera, makmur, dan damai. (AR)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.