JATENG

BPBD Kendal Siagakan Satgas Antisipasi Bencana

KENDAL, JATENG, BN – Musim penghujan dengan intensitas curah hujan lebat yang terjadi beberapa pekan terakhir diwilayah Kendal mendapat perhatian khusus dari BPBD Kendal.

Beberapa langkah antisipasi dalam menghadapi terjadinya bencana alam diwilayah Kabupaten Kendal dilakukan, diantaranya dengan mendirikan posko bencana dan kerahkan satgas serta relawan ditiap kecamatan.

Kepala BPBD Kendal, Wiwit Andariyono saat ditemui menyampaikan, Kendal yang notabene daerah rawan bencana memerlukan penanganan yang serius saat musim penghujan seperti ini.

Ia jelaskan berbagai upaya pun dilakukan dan terus dimonitor guna mengantisipasi terjadinya bencana alam baik Banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung.

“Di posko yang didirikan disetiap kecamatan kita siagakan beberapa Satgas untuk memantau situasi yang ada dan sesegera melaporkan jika ada bencana yang terjadi,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Kamis (24/1) siang.

Dikatakan, terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung tidak dapat diprediksi dan sangat penting sekali untuk menyiagakan satgas.

“Untuk bencana alam seperti yang gempa kita tidak siagakan petugas karena gempa itu tidak bisa diprediksi,” imbuhnya.

Saat disinggung tentang jebolnya tanggul Kali Bodri diwilayah Desa Lanji Patebon, Wiwit menjelaskan, masalah tanggul sebenarnya kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah dan sudah dikomunikasikan.

“Alhamdulillah kemarin langsung ada action berupa pemasangan trucuk dari bambu, dan rencananya besuk jumat dan sabtu kita dari BPBD, Pusdataru dan warga Desa Lanji akan gotong royong masal dilokasi tanggul,” pungkasnya.(Gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button