Connect with us

Wujudkan Transparansi, BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok Gandeng KAP Tribowo Yulianti

65 views

JATENG

Wujudkan Transparansi, BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok Gandeng KAP Tribowo Yulianti

Badan Pengawas BUMDes Saat Menerima Hasil WDP

KLATEN, JATENG, BN-Badan Pengawas (BP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten berupaya mewujudkan perusahaan yang akuntabel dan transparan. Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah dengan menggandeng Kantor Akuntan Publik (KAP) Tribowo Yulianti Semarang untuk melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Badan Pengawas BUMDes Tirta Mandiri Triyono kepada wartawan, Sabtu (14/9) siang.

“Untuk tahun ini kami mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Mungkin kami satu-satunya BUMDes yang telah menggandeng auditor eksternal untuk menilai laporan keuangan yang telah dibuat. Ini perlu kami lakukan mengingat selama ini BUMDes Desa Ponggok selalu menjadi acuan bagi BUMDes di daerah-daerah seluruh Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, langkah menggandeng auditor eksternal menunjukkan jika seluruh pengurus BUMDes Tirta Mandiri berniat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Hasil audit selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah desa dalam hal ini kepala desa. Selanjutnya pemerintah desa akan menyampaikan laporan hasil audit ini kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan kepada masyarakat Desa Ponggok.

“Langkah BUMDes di Desa Ponggok untuk menggandeng auditor eksternal diharapkan bisa menjadi standarisasi pengelolaan BUMDes di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Yuliani dari KAP Tribowo Yulianti mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan general audit atas laporan keuangan BUMDes Tirta Mandiri dan memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Di dalam BUMDes ada beberapa investasi anak usaha. Kami telah periksa, membuktikan dan meyakinkan bahwa laporan keuangan yang mereka (BUMDes Tirta Mandiri) buat sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, red),” katanya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok Joko Winarno mengatakan, hasil audit eksternal tersebut merupakan informasi yang pasti ditunggu oleh masyarakat yang selama ini menyoroti Desa Ponggok. Menurutnya, hasil audit tersebut tentunya akan memberikan semangat baru bagi pengurus untuk melakukan perbaikan dari sisi regulasi BUMDes.

“Meski secara internal kami sudah melakukan audit namun hasil audit eksternal tentu akan mampu menangkis seluruh isu negatif yang selama ini berkembang. Hasil audit ini sekaligus akan mampu menjadi penyeimbang jawaban atas penilaian negatif yang selama ini muncul di sekelompok kecil masyarakat,” pungkasnya. (rkt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: