Connect with us

Kirab Gunungan Tahu Bakso Angkat Potensi Warga Desa Jetis dan Trunuh Klaten Selatan

67 views

JATENG

Kirab Gunungan Tahu Bakso Angkat Potensi Warga Desa Jetis dan Trunuh Klaten Selatan

Gunungan Tahu Bakso

KLATEN, JATENG, BN-Ribuan warga yang berasal dari Desa Trunuh, Desa Jetis dan sekitarnya larut dalam kemeriahan Kirab Tahu Bakso. Kegiatan Kirab berlangsung dari Lapangan Kampung Bendan Jetis dengan menyusuri sejumlah ruas jalan desa, Minggu (15/9).

Ketua Panitia Kirab Gunungan Tahu Bakso Aji Pamungkas mengatakan, kegiatan kirab tahu bakso kali ini merupakan kegiatan untuk ketiga kalinya. Ada 20 gunungan tahu bakso yang ikut dalam kegiatan tahun ini. Kegiatan kali ini juga diikuti ribuan warga yang mengikuti kegiatan jalan santai.

“Ada 20 gunungan tahu bakso yang ikut kirab untuk tahun ini. Peserta berasal dari Desa Trunuh, Jetis dan sebagian ada yang berasal dari daerah lain. Panitia menyediakan aneka hadiah seperti sepeda, kulkas dan almari dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor. Total hadiah yang kami sediakan senilai lima puluh juta,” kata Aji.

Warga Mengikuti Kegiatan Jalan Santai

Sementara itu, Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh muda-mudi one plus Kampung Bendan Jetis.

“Ada sekitar dua puluh ribu tahu bakso yang di kirab pada tahun ini. Harapannya dengan kegiatan ini bisa mengangkat UMKM perajin tahu bakso yang ada di wilayah Jetis Trunuh sehingga dikenal oleh seluruh masyarakat Klaten. Ke depannya kita akan membuka outlet tahu bakso sehingga masyarakat bisa langsung membeli di outlet,” kata Joko Hendrawan.

Ia menambahkan, saat ini di wilayah Desa Trunuh dan Desa Jetis ada sekitar 30 orang perajin yang masih membuat tahu bakso. Untuk sementara memang masih memproduksi dengan rasa original. Diharapkan kedepannya akan dibuat inovasi baru sehingga tahu bakso akan banyak varian baik bentuk maupun rasanya.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kirab tahu bakso yang untuk tahun ini sudah memasuki tahun ketiga. Sri Mulyani berharap kegiatan ini akan bisa membuat warga Desa Trunuh dan Desa Jetis menjadi makin sukses, tetap guyub dan rukun. Melalui potensi desa yang ada diharapkan akan meampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. (rkt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: