ACEHGAYO LUESOPINI

Gempita Politik Gayo Lues Akan Segera Tiba

Penulis: Saniman/ Raja Prak Sekertaris Partai Aceh Wilayah Gayo Lues

GAYO LUES, BIDIKNASIONAL.com – Kepala daerah yang masa kepemimpinannya berakhir pada tahun 2022, 2023, 2024, dan 2025 bakal dikonteskan. Pilkada serentak seperti ini adalah yang kelima kalinya, tapi yang melibatkan seluruh povinsi, kabupaten dan kota adalah baru pertama kalinya

Pada Pilkada serentak 27 November 2024 melibatkan 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota. Total 545 daerah di seluruh Indonesia, termasuk kabupaten Gayo Lues.

Kasak-kusuk lobi lobi parpol sekarang tengah berlangsung di antara para politikus atau partai politik dan berbagai kelompok kepentingan termasuk ormas ormas, LSM/Pers pasti akan terus di lobi.

Undangan ketemuan untuk “ngobrol-ngobrol” seputar kondisi atau permasalahan daerah dan siapa saja kandidat yang dianggap cocok untuk menjadi solusi tengah digodok di internal parpol atau pun ormas. Termasuk juga organisasi-organisasi relawan akan mulai berlangsung sengit.

Mulai sekarang kita sudah disuguhi baliho dan iklan di berbagai platform media sosial maupun arus utama di beberapa kabupaten misal di Bireun baliho HRD sudah muncul untuk balon bupati, termasuk ketua DPD dua H Muklis Takabea sudah mulai bermunculan.

Tapi di Gayo Lues seperti nya masih di bawah tanah,belum muncul ke permukaan tapi bau harum nya sudah mulai menyebar dan menyengat.

Baliho-baliho “pemanasan” untuk “jual diri” tak berapa lama lagi pasti sudah mulai bertebaran. Rasanya daerah lainnya pun tak ketinggalan,di beberapa kabupaten bahkan sudah banyak pula yang “curi start” berkampanye,misalnya di kedai kedai kopi dan silaturahmi silaturahmi dalam rangka lebaran idul Fitri dll.

Nama-nama popular yang sudah redup pun sudah mulai digosok kembali, agar tetap mengilap dan punya “nilai jual” di mata para ketum parpol dan para “sponsor” juga di mata masyarakat.

Di Gayo Lues nama Suhaidi, MSI sudah mulai menjadi buah bibir masyarakat untuk di gadang gadang maju sebagai calon Bupati

Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan Sang Abang nya H.irmawan yang kembali sukses besar melenggang ke Senayan bersama Rekan nya HRD (Haji Ruslan Daud).

Kita tahu PKB Aceh pada tahun ini dibawah kepemimpinan tangan dingin Irmawan,S.sos sukses menempatkan kader nya di DPRA sebanyak 9 orang dan puluhan kader terbaik nya berhasil terpilih sebagai anggota DPRK di seluruh Aceh.

Tentu Inilah Modal besar Suhaidi,MSI untuk berani mengambil keputusan terjun langsung ke Gelanggang Politik praktis.

Sosok Suhaidi, MSI Selain mempunyai pengalaman birokrat beliau juga di untungkan dengan dukungan partai Politik yang besar dan kuat.

Tokoh-tokoh lama terdengar sayup sayup seperti mantan bupati H.Amru juga sepertinya akan kembali ke gelanggang untuk merebut BL 1 Gayo Lues,Pokoknya bakalan gempita tinggal menunggu hari nya saja.

Pengusaha (kebanyakan UMKM) di bidang baliho dan atribut kampanye bakal panen raya lagi. Perekonomian yang digerakkan oleh aktivitas politik bergulir pasti bergulir.

Begitu pula aktifitas politik yang bersimbiosis dengan kekuatan ekonomi (atau oligarki) menelurkan janji-janji konsesi yang bakal dituai manakala “perebutan kekuasaan” dimenangkannya.

Kepala daerah yang mendedikasikan jabatannya untuk membela kepentingan rakyat daerahnya. Pemimpin yang inovatif dan berani membongkar kekolotan di birokrasi adalah role kepemimpinan yang di tunggu masyarakat.

Kapan semua itu (konspirasi korupsi yang seolah dilegalkan) bakal berakhir? Kapan transparansi anggaran bisa terealisasi?
Meskipun kita tahu biaya politik pasti lah tinggi yang mau tidak mau pasti lah terjerumus.

Namun ide dan keberanian kepala daerah selanjutnya pastilah sangat di tunggu tunggu masyarakat.

Kita tidak mau Pilkada serentak 2024 hanya jadi ajang dagang sapi. Siapa bisa jorjoran membakar duit maka dia yang menang. Kita ingin mendapatkan profil kepemimpinan daerah yang yang berani, Muda, energik dan visioner.

Penulis: Saniman/ Raja Prak Sekertaris Partai Aceh Wilayah Gayo Lues

ISI NASKAH TANGGUNG JAWAB PENULIS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button