Program BPNT di Klaten Sasar 109.240 KPM

0

KLATEN, JATENG, BN – Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai bergulir di Kabupaten Klaten. Peluncuran program BPNT berlangsung di e-Warong Surya GadingMU, Desa Belangwetan Kecamatan Klaten Utara, Sabtu (27/10).

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Kabupaten Klaten, Ronny Roekmito menjelaskan, program BPNT di Klaten menyasar 109.240 KPM yang terdiri dari 41.611 KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan 67.629 KPM non keluarga PKH.

“Kami berharap KPM dapat memanfaatkan BPNT dengan sebaik-baiknya. Tiap KPM di Klaten akan mendapatkan bantuan Rp 110ribu yang diwujudkan dalam bentuk 8 kilogram beras dan 10 butir telur. Bantuan dapat diambil mulai tanggal 25 setiap bulannya di e-Warong yang telah ditunjuk,” jelas Ronny Roekmito.

Lanjut Ronny Roekmito, data KPM yang mendapatkan bantuan kali ini berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2015. Meski demikian, data KPM akan terus diperbaharui dengan melibatkan pemerintah desa yang lebih mengetahui kondisi di lapangan.

Menurut Plt Dissos P3AKB Klaten, pihaknya sudah mempersilahkan pemerintah desa untuk memasukkan data yang warganya mamang layak untuk menerima bantuan. Harapannya mereka yang kurang mampu dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Pendistribusian beras dan telur untuk program BPNT akan melibatkan sembilan distributor dengan 234 agen yang tersebar di wilayah Klaten,” kata Ronny Roekmito.   (rkt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *